Belajar Bahasa Inggris Online
Full Conversation Tanpa Grammar
Bergaransi dan Bersertifikat Nasional
www.belajaringgris.net

Rabu, 27 Maret 2013

[Resensi] Buku Udah Putusin Aja! Karya Felix

7 Kelebihan Buku Udah Putusin Aja! Karya Felix

Well, saya baru saja menuntaskan satu buku penuntun untuk remaja yang super duper keren, pas banget dengan remaja sekarang. Judulnya Udah, Putusin Aja! Karya Felix Y. Siaw dengan visualisasi oleh Emeralda Noor Achni.
Lama sekali rasanya tidak membaca buku penuntun remaja sekeren ini. Setelah beberapa tahun ini remaja lebih banyak disuguhi buku-buku fiksi. Buku Udah, Putusin Aja! Seolah menjadi oase yang muncul tiba-tiba di tengah kegersangan.
Saya sangat merekomendasikan buku ini dibaca anak-anak remaja sekarang karena saya menemukan banyak suplemen yang benilai tinggi. Ibarat sebuah hidangan, rasanya lezat tiada tara. Paling tidak saya menemukan 7 kelebihan dari buku Udah, Putusin Aja! Ini.
Pertama, Openingnya Dahsyat! Bayangkan, begitu membaca buku ini, pembaca diperlihatkan sebuah fakta yang sangat menarik tentang sebuah email berisi curhat seseorang, yang mengalami kegalauan dengan apa yang pernah dilakukan dengan pacarnya. Opening ini benar-benar dahsyat karena bisa jadi yang baca juga pernah mengalami, hampir mengalami, atau tidak pernah mengalami sama sekali. Efeknya, pembaca akan penasaran.
Kedua, Isinya Dibutuhkan! Sangat tidak bisa disangkal, tema pacaran sampai kapan pun selalu dibutuhkan, apalagi oleh remaja zaman sekarang yang lebih mudah terpengaruh dengan segala sesuatu yang bersifat duniawi daripada ukhrowi. Buku ini paling tidak membuka wawasan dan mengalihkan kembali pada makna pacaran yang sesungguhnya.
Ketiga, Kontennya Tak Terbantahkan. Ustad Felix selalu menyertakan dalil naqli pada setiap bab dalam buku ini. Dalil tersebut disampaikan dengan cara yang sangat tegas, namun tidak berlebihan. Sehingga, pembaca tidak merasa disudutkan, sebaliknya, pembaca, terutama pembaca remaja justru merasa diajak berdialog. Ini akan membuat pembaca merasa nyaman.
Keempat, Memberikan Solusi yang Benar dan Tepat. Beginilah sebaiknya sebuah buku penuntun, tidak hanya memberikan insight-insight baru atau pengetahuan baru yang berlebihan. Secukupnya saja dan langsung diberikan solusinya. Pembaca remaja sekarang ini maunya yang instan-instan. Buku udah, Putusin Aja! Ini sangat solutif.
Kelima, Mudah Difahami. Siapapun yang membaca buku ini pasti merasa tercerahkan atau teringatkan kembali dengan aturan-aturan yang diajarkan dalam Islam. Mana aturan yang benar dan mana aturan yang salah dalam buku ini sangat gamblang dijelaskan.
Keenam, Sangat Tegas dan Jelas. Sebagaimana pada point ketiga di atas, buku Udah Putusin Aja! Ini berbicara sangat jelas, hanya membahas satu hal, tentang pacaran dan pernak-perniknya, tidak membahas soal lain. Apa yang dibahas pun sangat tuntas.
Ketujuh, Desain Sangat Populer. Ini yang tidak dimiliki oleh buku-buku lain. Buku-buku penuntun remaja lain yang pernah beredar di pasaran pada saat sekarang. Desainnya populer dan eyecaching. Siapapun pasti suka, baik desain cover atau pun desain isi. Saya yakin, siapapun yang memegangnya pasti akan membaca bagian belakang kavernya, lantas membuka dan membaca daftar isinya, lantas ngacir ke kasir dan langsung bilang, Udah Putusin Aja! Beli bukunya.
Barangkali satu hal yang kurang dalam buku ini adalah tidak ada daftar pustaka sebagai rujukan, index, dan glosarium. Mungkin penerbit melupakannya karena ini buku untuk remaja dan mengira remaja tidak memerlukannya. Padahal, sebagai buku penuntun, secara literasi buku seperti Udah Putusin Aja! Ini membutuhkan tiga hal di atas. Saya berharap kekurangan ini tidak menjadikan buku ini kemudian dipertanyakan keshahihannya. Semoga pada cetak ulang berikutnya sudah disertakan. ***
Twiter @alimuakhir

Mau Jago Nulis dan Jadi Pemenang di Dunia Tulis Menulis? Ikut Kelas Nulis "WinnerClass" aja.

Ditulis Oleh : Ali Muakhir // 18.09
Kategori:

1 komentar:

  1. Bener hebat nih buku.. sampai2 beberapa kenalan saya, ada yang mutusin pacaranya setelah membaca buku ini.. :D

    BalasHapus

Temen-teman boleh kasih kometar lho ...
Terima kasih

 
Diberdayakan oleh Blogger.